Selasa, 12 Maret 2013

Jenderal Gunadi, Belajar Sepanjang Hayat

Oleh : Bambang Purnomo
Klas 1c2a3c




WONOGIRI, suaramerdeka.com - Laksamana Madya (Purn) TNI-AL, Gunadi MDA, tampil menjadi bintang dalam reuni mini lulusan SMP 1 Wonogiri angkatan 1969. Jenderal berbintang tiga, putra asli Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri ini, menekankan perlunya belajar sepanjang hayat.

Kepada semua rekan alumni seangkatannya yang hadir dalam reuni di Pondok Dahar Tidar Raos Jl Kartini 61, Kedungringin, Wonogiri, diberi hadiah masing-masing dua buku secara cuma-cuma. 

Kedua buku yang dijadikan kenang-kenangan temu kangen tersebut, merupakan karya Bambang Haryanto, yang dulu pernah duduk sekelas dengan Jenderal Gunadi, saat di bangku Kelas 1 B dan 3 B SMP 1 Wonogiri.

Kedua buku karya Bambang Haryanto, itu berjudul Komedikus Erektus : Dagelan Republik Kacau Balau  (2010) dan Komedikus Erektus: Dagelan Republik Semangkin Kacau Balau (2012). 


 photo Tjipto_DSC_0116_567_zps6a19eaa8.jpg

Kedua buku ini, telah 'go international' dan dikoleksi perpustakaan terbesar di dunia. Yakni Library of Congress di Amerika Serikat, National Library of Australia, dan perpustakaan Vernon R Alden Library di Universitas Ohio Amerika Serikat.

''Semoga karyanya ini mengilhami kita semua, agar kita juga tergerak menulis buku. Syukur-syukur, tulisan kita mampu menginspirasi adik-adik kita dalam meraih cita-citanya,'' tandas Gunadi yang mantan Irjen Kementerian Keamanan dan Pertahanan RI ini.

Kata Gunadi, semangat belajar dan semangat untuk memberikan keteladanan, tidak boleh surut. Saya, tambah Gunadi, telah ikut melakukan langkah kecil untuk mendorong proses belajar seumur hidup bagi warga Wonogiri, dengan membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ''Siswotrepsilo'' di kampung kelahirannya, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto, Wonogiri.

Kepada Bambang Haryanto, diberikan pujian sebagai teman SMP yang melangkah maju, yang tidak hanya suka membaca, tapi juga cerdas dalam menulis. Juga piawai dalam berkiprah di jaringan internet, dengan menjembatani melalui situs blog di internet, dengan alamat: http://wng69.blogspot.com.

Kepada rekan-rekannya yang menjadi kepala sekolah dan guru, diberikan banner (spanduk mini) dilengkapi foto Gunadi berpakaian dinas jenderal, yang dilengkapi tulisan pesan tentang dorongan semangat, agar para pelajar bercita-cita setinggi langit, untuk meraih sukses kehidupan. 

Dorongan semangat senada, juga disampaikan kepada rekan-rekannya yang berwiraswasta dan membuka bisnis, agar senantiasa lancar dan berkembang.

(Bambang Purnomo / CN19 / JBSM ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar