Senin, 11 Maret 2013

Warisan Angkatan 1969 Untuk Masa Depan

Oleh : Gunadi MDA
Laksamana Madya (Purn) TNI-AL
Klas 1b 2d 3b Angkatan 1969
SMP Negeri 1 Wonogiri 


Self-education is, I firmly believe, 
the only kind of education there is. 
Isaac Asimov (1920-1992).

Isaac Asimov benar. Ketika perkembangan iptek dunia sangat pesat dan bahkan radikal, setiap insan memang dituntut untuk terus belajar. Seumur hidup.

Tanpa belajar dirinya mudah menjadi daluwarsa, tersingkir dari peluang mengembangkan karier dan bahkan terancam degradasi kualitas hidupnya. Sayangnya, seperti yang saya amati, pola pikir masyarakat kita masih teramat praktis.

Masih berlangsung mindset kepraktisan di masyarakat kita, dimana anak disekolahkan untuk lulus dan mendapatkan pekerjaan. Setelah bekerja sudah tidak ada keinginan mengembangkan diri melalui budaya membaca. Minimnya minat baca itu lantaran kesadaran akan pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat kurang. 
 photo DSC06537_buku_566_zps2856a3c2.jpg
Saya ikut melakukan langkah kecil guna mendorong proses belajar seumur hidup itu bagi warga Wonogiri tercinta. Dengan membangun Taman Bacaan Masyarakat Siswotrepsilo, di desa Selorejo, Kecamatan Girimarto. 

Saya sungguh bergembira, ternyata ada teman SMP kita yang melangkah lebih maju. Tidak hanya membaca, tetapi  juga menulis. Selain mengelola blog sebagai sarana komunikasi angkatan kita di http://wng69.blogspot.com, isi blognya yang lain telah diterbitkan sebagai buku.

Teman kita itu Bambang Haryanto. Sama-sama sekelas dengan saya di 1b dan 3b. Bukunya berjudul  Komedikus Erektus : Dagelan Republik Kacau Balau (Imania, 2010) dan Komedikus Erektus : Dagelan Republik Semangkin Kacau Balau (Imania, 2012).

Bukunya itu kini sudah dikoleksi  perpustakaan terbesar di dunia, Library ofCongress di Amerika Serikat, National Library 0f Australia dan Perpustakaan Vernon R. Alden Library di Universitas Ohio, Amerika Serikat.

Saya dengan senang hati, istilahnya bisa njajake kedua buku itu untuk semua teman-teman satu angkatan 1969 SMP Negeri 1 Wonogiri yang hadir di acara Temu Kangen 2013 ini.

Semoga karyanya mengilhami kita semua, untuk juga tergerak menulis buku. Atau bareng-bareng kita menerbitkan antoloji, kumpulan tulisan, berisi hal-hal menarik, lucu atau pun konyol ketika kita bersekolah dulu.

Syukur-syukur ada juga tulisan yang mampu menginspirasi adik-adik kita dalam mereka meraih cita-cita yang luhur dan mulia. Juga sebagai catatan abadi betapa saat bersekolah dulu kita jalani dengan penuh suka dan duka, sekaligus  banyak pengalaman berharga yang dapat kita wariskan. 

Semoga bermanfaat.



Wonogiri, 10 Maret 201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar