Minggu, 10 Maret 2013

Temu Kangen 2013 Kita Di Media : Semangat Belajar Tidak Boleh Surut

Oleh : Bambang Purnomo
Wartawan Harian Suara Merdeka

Klas 1c2a3c



WONOGIRI - Usia boleh bertambah, tapi semangat untuk terus belajar dan memberi keteladanan, tidak boleh surut. Demikian benang merah spirit yang ingin dirangkai dalam acara temu kangen 2013 keluarga besar angkatan 1969 SMP Negeri 1 Wonogiri.

”Acara temu kangen akan digelar Minggu (10/3), di Pondok Dahar Tidar Raos Jl Kartini 61, Kedungringin, Wonogiri,” kata Bambang Haryanto dari Departemen Kreatif dan Komunikasi kepanitiaan reuni Angkatan 69. 

Bambang berharap pemberitaan ini dapat dianggap sebagai undangan. Salah satu inspirator acara berbungkus nostalgia ini, adalah Laksamana Madya (Purn) TNI-AL, Gunadi MDA. Putra asal Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri ini, memiliki perhatian tinggi terhadap pentingnya budaya membaca dan perlunya menjalani pendidikan seumur hidup.

Menurut mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan dan Keamanan, Laksdya (Purn) Gunadi, saat ini masih terjadi pola pikir kepraktisan di masyarakat. Yakni, anak disekolahkan, lulus, dan bekerja. Setelah bekerja sudah tidak ada keinginan mengembangkan diri melalui budaya membaca.

Karena itu, dia membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ”Siswotrepsilo” di Desa Selorejo, sebagai kampung kelahirannya. Untuk memotivasi mantan rekan-rekan se­kolahnya agar terus belajar dengan membaca, Gunadi mem­borong buku karya salah seorang teman sekolahnya di SMP Negeri 1 Wonogiri angkatan tahun 1967-1969. 

Ketua panitia penyelenggara temu kangen, Niniek En­dang Wuryani menambahkan, reuni mini ini selain untuk kon­solidasi data alumni angkatan 69, juga dilakukan pendekatan manajemen ilmu pengetahuan. 

Untuk menghilangkan kesenjangan, Bambang Haryanto menjembatani melalui situs blog di internet dengan alamat: http://wng69.blogspot.com. 

(P27-37).

Berita ini dimuat di Harian Suara Merdeka, Rabu, 6 Maret 2013 : Hal. 18 - Edukasia. Ditulis oleh rekan kita Bambang Purnomo Untung Sabdodadi yang sebagai wartawan harian Suara Merdeka memiliki inisial P27. Tautan :
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/03/06/217441/16/Semangat-Belajar-Tidak-Boleh-Surut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar